Wow! Sopir Busway dengan Gelar S1 Akan Diberi Gaji Rp 5 Juta

http://giewahyudi.files.wordpress.com/2011/01/busway.jpg
Jakarta - Upaya perbaikan pelayanan bagi pengguna TransJakarta makin diseriusi oleh Badan Layanan Umum (BLU) sebagai operator transportasi cepat dan massal itu. Salah satunya adalah perbaikan kesejahteraan pramudi (sopir). Tak ayal syarat yang dipatok BLU bagi calon pramudi ke dapan adalah bertitel sarjana dengan iming-iming-iming gaji Rp 5 juta.

"Salah satu syaratnya itu (S1). Kalau S1 diberi gaji Rp 2 juta tidak akan mungkin tertarik," kata Kepala BLU TransJ, M Akbar, dalam jumpa pers di Gedung Trans Jakarta-Busway (x-gedung Sudin PU Jaktim), Jl Jatinegara Barat, Kamis (3/11).
http://kabarkami.com/images/stories/6-2011/busway4.jpg
Upah tinggi dan jenjang pendidikan yang juga tinggi dalam persyaratan menjadi pramudi TransJ, kata Akbar, adalah bentuk perbaikan pelayanan sekaligus kesejahteraan para pramudi.

"Kalau dia digaji Rp 5 juta, lalu keluar dan tidak profesional kerjanya tentu dia akan berpikir dua kali," ujar Akbar.

Di tempat sama, pengamat transportasi massal dan juga Ketua Institut Studi Transportasi, Darmaningtyas mengatakan usulan kenaikan tersebut baru di tingkat usulan dan sudah disampaikan ke Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

"Usulan akan ditenderkan bersamaan dengan tender Koridor XI yang akan beroperasi," kata Darmaingtyas.

Usulan besaran jumlah gaji tersebut mengacu kepada Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta sebesar Rp 1,3 juta. "Kenaikan mencapai tiga setengah kali upah minimum provinsi yang berlaku saat ini," kata Darmaningtyas.

Selain bertujuan untuk memperbaiki layanan, usulan kenaikan gaji pramudi juga bertujuan untuk meminimalisir angka kecelakaan yang kerap terjadi kepada para juru mudi.

"Tujuannya supaya penumpang busway tenang. Kalau yang masuk orang-orang terdidik kan bisa mengurangi kecelakaan," ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan kecelakaan yang selalu melibatkan busway, Darmaningtyas berharap masyarakat tidak melulu menyalahkan busway.

"Publik harus diedukasi agar tidak selalu menyalahkan salahsatu pihak, apalagi merusak busway-nya," ujarnya.

Menurutnya, ada 3 faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan dan melibatkan bus TransJ, yaitu secara struktur, infrasturktur, dan kultur.

Struktur lebih kepada regulasi dalam pelaksanaan hukum yang berlaku bagi mereka yang secara sengaja menyerobot jalur khusus TransJ. Infrastruktur karena minimnya fasilitas aman bagi pejalan kaki, dan kultur adalah kebiasaan menyeberang tanpa mengindahkan keselamatan.

"Busway sudah punya koridor khusus, tugas polisi seharusnya menegakan aturan itu. Kalau polisi tegas, tidak akan ada penyerobotan jalur," tegas Darmaningtyas.


http://basobasri.files.wordpress.com/2011/01/daftar-trayek-bus-jakarta-yang-akan-dihapus.gifhttp://basobasri.files.wordpress.com/2011/01/daftar-trayek-bus-jakarta-yang-akan-dihapus.gifhttp://basobasri.files.wordpress.com/2011/01/daftar-trayek-bus-jakarta-yang-akan-dihapus.gif


sumber :

Arsip Blog