Setelah resmi diluncurkan oleh BMW Group Indonesia baru-baru ini, akhirnya tim pun memiliki kesempatan untuk melihat lebih dekat bahkan merasakan sensasi berkendara dari varian X1 yang dirakit di Indonesia ini.
Dilihat sekilas tampilan X1 memang cukup unik dan agresif, mobil yang masuk dalam kategori kendaraan Sport Activity Vehicle (SAV) telah datang di Indonesia sejak Juli 2010 silam dengan dua pilihan mesin, yaitu BMW X1 sDrive20d dengan mesin Advanced Diesel dan BMW X1 sDrive 18i bermesin bensin.
Tanpa banyak basa-basi kita simak aja review ringannya di bawah ini, mulai dari bagian eksterior sampai dengan performanya �
Eksterior
Ciri khas BMW sangat kental terasa dari tampilan luarnya, terutama pada bagian moncongnya yang terlihat begitu futuristic dan eksotik. Tatapan tajam dari lampu utama yang berpadu dengan fog lamp dan grill depannya sangat menegaskan ciri khas jati dirinya.
Desain garis yang agresif di sepanjang kap mesin menegaskan kesan dari sebuah kendaraan sport yang cukup berkelas, belum lagi varian baru X1 yang sukses dirakit di tanah air ini telah mendapatkan fitur baru berupa head lamp yang menggunakan Bi-Xenon, dan pastinya tak hanya membuatnya kian sporty namun juga menegaskan kesan executive-nya.
Tak kalah dengan tampak depannya, bagian sisi sampingnya juga cukup memiliki karakter yang kuat seakan menggambarkan sebuah kendaraan penunjang aktivitas yang sarat dengan penampilan executive, begitu pula dengan bagian bokongnya yang terlihat cukup padat dan berisi ala kendaraan hatchback dihiasi dengan stop lamp modern ala BMW lengkap dengan atribut emblem jati dirinya.
Interior
Seperti pada umumnya mobil-mobil Eropa, suatu tingkat kenyamanan yang direalisasikan dengan kemewahan dan kelengkapan fitur dalam kabin sudah pasti menjadi syarat mutlak. Tak salah bila BMW X1 juga turut dipersenjatai dengan perangkat mewah tersebut, mulai dari perangkat audio dengan lantunan suara merdu, lapisan kulit jok yang berkolaborasi dengan wood panel di bagian dashboard, hingga jok electricnya.
Tak hanya itu saja, fitur mewah layaknya sisi ergonomis juga turut diterapkan. Mulai dari control audio dengan HiFi loudspeaker hingga free hand melalui konektivitas Bluetooth yang disambungkan pada ponsel. Sisi executive juga terlihat pada bagian belakang dengan adanya consule pemisah di bagian tengah. Namun sayang saat tim merasakan duduk di bangku belakang, posisi duduk sedikti tidak nyaman, bukan karena ruang gerak yang terlalu sempit, namun dikarenakan dimensi jok yang terbilang sedikit minim.
Menyandang status sebagai kendaraan Sport Activity Vehicle (SAV) sudah sepantasnya bila keluarga baru X1 yang datang dengan emblem sDrive 18 Executive ini juga telah dibekali dengan mesin handal empat silinder dengan Valvetronic dan Double VANOS yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 dk dan torsi 200 Nm pada putaran 3.600 rpm.
Saat melakukan perjalanan sesi test drive bersama X1 sDrive18 Executive ini tim pun tak menyianyiakan merasakan sentuhan performanya. Saat awal menjejaki pedal gas, putaran mesin terasa cukup halus, namun ketikan melaju diputaran atas, mesin terasa menggerung bahkan untuk menyentuh angka 160 pun terasa cukup lamban dan berkesan berat.
Price
Berstatuskan perakitan yang dilakukan di tanah air, alias CKD ini. Pihak BMW Group Indonesia membandrol keluarga baru X1 ini dengan harga Rp 539 juta off the road. Bahkan pihak BMW juga memberikan beberapa pilihan warna menarik yang diantaranya adalah, titanium silver, sparkling bronze, Marrakesh brown, black sapphire, alpine white dan juga space grey.