Sidoarjo Heboh Temuan Daging Kurban Bercacing

http://www.alatperaga.com/products/images/Mikroslaid_Fasciola.jpg
SIDOARJO - Meski dinas peternakan telah mengawasi dan memantau hewan kurban bebas penyakit dan cacing, namun masih saja ada warga yang menemukan daging hewan kurban bermasalah.

Seperti dikawasan Pepelegi-Sidoarjo, Jawa Timur warga menemukan daging dan hati hewan kurban yang mengandung cacing.

Seorang warga menuturkan, cacing ini biasanya muncul, saat hati atau daging sapi diiris dan dibelah. Cacing yang masuk dalam hati sapi ini, ada yang berbentuk seperti cacing pada umumnya dan ada juga cacing yang berbentuk pipih.
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRD0Ilpyc5ZTCtiqxzQBiKlFMsDYsCHW8iZgBinB0BYPN_kXGBmeWh0q6MIfA
Temuan itu menunjukkan, pengawasan dan pemantauan dinas peternakan terkait penjualan dan peredaran hewan kurban, belum menjamin hewan kurban yang dipotong warga saat hari raya Idul Adha ini sehat dan bersih dari penyakit dan cacing.

Selanjutnya, oleh warga daging atau hati sapi yang mengkhawatirkan dan mengeluarkan cacing ini langsung dibuang dengan cara dikubur dalam tanah.
http://www.temanc.com/id/images/stories/cacing%20hati.jpg
Sedangkan untuk menghindari lolosnya daging atau hati bermasalah saat pembagian hewan kurban, panitia terpaksa lebih waspada dan mendeteksi lebih dini, dengan cara mengiris dan membelah daging atau hati sapi.

Terkait masih adanya hewan kurban bermasalah yang lolos terjual ke masyarakat, hingga saat ini tidak ada satupun perwakilan dinas peternakan yang mau memberikan keterangan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLaQ2VbLwLuhV7tF3O6kY7_aMN7t3wpsa5VVeuDZZKo0EsTW0mpMoif2E5gvWS_RgWRtkvHCPNEod8DA_5GRp51OZkReHYtShbkKqMIZGgfomfDswi6M9kOaxzP3oxoZqlov5qId7603TX/s1600/CYCLUS+CACING+HATI+S.JAPONICUM.bmp



sumber :http://news.okezone.com/read/2011/11/06/340/525535/sidoarjo-heboh-temuan-daging-kurban-bercacing

Arsip Blog