Menjamurnya band-band baru di tanah air

Melihat perkembangan musik di tanah air kita ini, ada sedikit perubahan. Kalo dulunya kita akrab dengan Dewa 19, Kla Project, Padi, Sheila On 7, dll. Sekarang banyak band-band baru yang langsung merangsek naik ke jajaran band-band papan atas dengan menggusur pendahulu-pendahulunya, walau hana bermodal single saja.

Hal ini menjadi kabar baik bagi band-band baru dan para penikmat musik. Karena mereka dapat menikmati musik dengan banyak pilihan dan selera. Namun demikian banyak juga band-band yang asal-asalan saja. Hal ini dikarenakan kualitas musik mereka yang pas-pasan, dan dandanan mereka tidak sesuai dengan genre lagu yang mereka nyanyikan.

Sering kali saat saya nonton tv, saya menjumpai banyak band-band baru yang bermunculan. Ada yang lagunya keren, bagus, enak didengar, dan juga yang asal-asalan atau cuma modal nekat. Dengan bermodal single saja sudah berani membuat video klip dengan model selebritis terkenal. Mungkin hal itu termasuk dalam cara pemasaran lagu-lagu mereka. Dan itu sah-sah saja. Tapi dengan menjamurnya band-baru ini, tapi tidak disertai dengan kualitas musik mereka, saya kira mereka (band-band asal-asalan) akan lenyap begitu saja dan tidak akan bertahan lama.

Memang semuanya berdasarkan selera penikmat musik itu sendiri. Tapi jika tidak disertai dengan kualitas bermusik, itu sama saja dengan pemerosotan belantika musik di tanah air.


Arsip Blog