Mindset Blogging [Setting Pola Pikir Ngeblog]

Saat ini sudah tak terhitung lagi seberapa banyak pengguna blog entah itu Blogspot ataupun Wordpress dan flatform blog lainnya, keberadaan blog tetap tak tergerus waktu walaupun sekarang banyak saingannya seperti adanya jejaring sosial (Facebook, Twitter dan lain-lain) tapi yang namanya Nge-Blog tetap tak ada matinya.

Berbicara tentang Nge-Blog tentunya tidak bisa kita lupakan yang namanya Mindset (Pola Pikir), sedikit pertanyaannya seperti ini: Untuk apa Nge-Blog? Nge-Blog yang baik itu seperti apa? Bagaimana mengelola Blog yang baik itu? dan lain sebagainya.


Nah, mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut masih loncat-loncat dalam fikiran kita ya bisa jadi karena baru akan mau Nge-Blog ataupun yang sudah mulai Nge-Blog. Ok, untuk memudahkan semua itu khususnya memulai Blogging, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar kita ini tidak terjerumus dengan yang namanya "Mati Ide", "Blog Kok Sepi", atau "Saya Bingung Mau Ngapain", jawabannya apa? Yups... >> Mindset Blogging [Setting Pola Pikir Ngeblog].


3 Hal yang perlu diperhatikan dalam Mindset Blogging [Setting Pola Pikir Ngeblog]:


1. NIAT


Orang tua berkata seperti ini: "Nak, kalau mau ngelakuin sesuatu itu sebaiknya kamu niat dulu biar hasilnya baik", lalu contoh lainnya "Sewaktu akan mendirikan sholat juga (bagi umat muslim) kita wajib membaca niat sebagai awal dari menjalankan ibadah sholat, agar sholat kita bisa diterima oleh Allah.swt",


Nah lalu apa hubungannya antara Niat dengan Nge-Blog?


Begini, jika dalam diri kita sudah tertanam NIAT yang KUAT untuk Ngeblog saya jamin pasti blog tersebut akan bisa di banggakan nantinya, bisa terlihat dari kunjungan yang ramai, artikel blog selalu berkualitas, artikel berikut akan selalu di tunggu oleh loyal readers dan lain sebagainya. Benar tidak itu? :P


Karena apa bisa seperti itu? Karena hanya dengan niat yang kuat serta iklas dalam Ngeblog (membuat artikel secara rutin, blogwalking, berkomentar) maka Blog-pun bisa jalan dengan baik, "Jika Orang Lain Bisa, Kenapa Kita Tidak, Lha Kita Sama-sama Makan Nasi Kok!" =))


2. FOKUS


Jika niat sudah ada maka selanjutnya kita harus FOKUS = Untuk apa dan siapa blog ini dibuat >> apa yang harus saya tulis >> tema apa yang pas untuk blog ini >> dan lain sebagainya.


Fokus dalam suatu hal bagi sebagian orang mungkin sulit untuk dilakukan, jadi sebaiknya tentukan dulu beberapa hal penting ketika akan Ngeblog, karena dengan ke-Fokus-an lah blog kita akan berumur panjang dan bisa meraih sukses.


Saya mencomot salah satu slogan dari Anne Ahira (founder Asia Brain): FOKUS... FOKUS... dan FOKUS ... itu lah kata-kata yang sering dia sampaikan pada murid-muridnya.


3. PRAKTEK


Guru KIMIA saya dulu (ketika masih SMA) bilang seperti ini: "Angga, kenapa nilai KIMIA kamu ini kok hancur semua, dapat point di bawah 5 terus?", hahaha. Apa boleh buat teman-teman, saya yang namanya bidang IPA tidak pernah ikut praktek, apalagi yang namanya KIMIA, jlimet eui, akhirnya apa? Cuma bisa kuasai teori tapi praktek NOL (0) besar.


Logikanya: Teori tanpa Praktek >> Hasilnya Nol Besar, Praktek Tanpa Teori >> Omong Kosong !


Artinya apa? Kita memang harus mengenal dulu apa yang kita kuasai khususnya untuk hal Nge-Blog (bidang apa yang kita kuasai), anggap saja ilmu yang kita kuasai itu adalah Teorinya, lalu kita Praktekkan dalam dunia Blogging yang sebenarnya. Karena hanya dengan Praktek lah kita akan tahu apakah itu benar atau salah, sulit atau mudah. Praktek, praktek dan praktek... !


Jujur saja, blog saya ini yang notabene Mengupas Tentang Tutorial Blog dan SEO, semua kode script tutorial ini sebelum saya postingkan sudah saya TRIAL and ERROR terlebih dahulu, artinya saya tidak mungkin menyajikan suatu artikel tanpa saya pelajari dan praktekkan terlebih dahulu, jika memang berhasil saya terapkan barulah saya posting untuk berbagi pada teman-teman semua.
Saya tidak akan memposting suatu tutorial yang belum saya praktekkan, jadi apabila saya sudah posting artikel, saya jamin 100% bahwa tutorial tersebut bisa dipertanggung jawabkan sebaik-baiknya.

Nah, bagaimana teman-teman semua? Sudah ada sedikit pencerahan kan tentang bagaimana Mindset Blogging [Setting Pola Pikir Ngeblog] yang baik itu seperti apa? Ok , teman-teman itulah sedikit Tips Blogging dari saya, semoga saja bisa diambil manfaatnya dan bisa menjadi inspirasi teman-teman semua. Salam dan Happy Blogging.

Arsip Blog