Sudah Taukah Anda ??? Pelabuhan Karimun Dilengkapi CCTV

KARIMUN- Pengamanan di Pelabuhan Domestik maupun Internasional di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun semakin diperketat dengan dipasangnya Closed Circuit Television (CCTV). Kamera pengintai tersebut mulai dipasang sejak sejak, Selasa (1/3) lalu itu ditempatkan di delapan titik yang dianggap strategis.

Lokasi tersebut diantaranya, ponton pelabuhan domestik dan internasional, pas pelabuhan sebelah timur, jalur ke dermaga pelabuhan internasonal, pintu keluar domestik, terminal penumpang domestik, lini 3 tempat jalur masuk pintu satu dan dua, serta ruang tunggu penumpang internasional.

Dengan dipasangnya kamera CCTV di pelabuhan laut Tanjungbalai Karimun, maka pelabuhan Karimun merupakan daerah pertama di Kepri, bahkan di Indonesia yang telah dilengkapi dengan kamera pengintai.

Kepala Adpel Kelas II Tanjungbalai Karimun, Capt Gajah Rooseno di ruangannya, Kamis (3/3) mengatakan, kamera CCTV tersebut berfungsi sebagai alat kontrol dalam rangka pengawasan ke luar masuk penumpang agar terciptanya keamanan, ketertiban dan kenyamanan di kawasan pelabuhan Karimun.

"Alat ini mampu merekam apa saja kegiatan yang terjadi di kawasan pelabuhan selama 30 hari ke belakang. Ketika memasuki bulan berikutnya, data tersebut disimpan kemudian CCTV bekerja lagi untuk 30 hari berikutnya," ungkap Rooseno.

Selain itu, alat tersebut juga bisa membantu aparat kepolisian maupun pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengungkap suatu kejahatan yang terjadi di kawasan pelabuhan.

"Karena seluruh gambar memonitoring mulai dari pintu gerbang hingga ke ponton pelabuhan," katanya.

Menurutnya, gambar yang ditampilkan dalam layar di kamera pengintai tersebut bisa diperbesar ketika muncul sesuatu gambar yang mencurigakan pada salah satu chanel monitor.

"Ketika gambar yang dinilai mencurigakan muncul pada salah satu titik yang kami pasang, maka gambar tersebut akan diperbesar untuk memastikan gerakan yang dilakukan objek tersebut," terang Rooseno sambil mencontohkan cara memperbesar objek pada salah satu monitor CCTV itu. (cw30)


Sumber: http://www.haluankepri.com/index.php?option=com_content&view=article&id=9300:pelabuhan-karimun-dilengkapi-cctv&catid=28:karimun&Itemid=41

Arsip Blog