Kejayaan iPad Terancam Android & Windows 8


iPad (ist)

Jakarta - Dominasi iPad di segmen komputer tablet sudah banyak diramal akan terpatahkan. Prediksi terbaru memperkirakan iPad akan kewalahan menghadapi serbuan komputer tablet Android dan Windows 8.

Menurut analis industri Jack Gold, Microsoft kemungkinan memiliki 10% pangsa pasar tablet di tahun 2014-2015. Pada saat itu, penguasa tablet adalah Android dengan pangsa pasar 50% diikuti oleh iPad dengan 30%. Bagian kecil akan dimiliki oleh Research in Motion (RIM). 

"Di tahun 2014-2015, kami memperkirakan tablet Android akan mendapatkan pangsa pasar mayoritas dan banyaknya variasi model akan membuat iPad kewalahan. Namun iPad masih akan mendominasi pasar enterprise," tukas Gold.

Di luar tablet mainstream, sebagian kecil pasar akan dikuasai oleh tablet yang kurang begitu dikenal. Misalnya yang berbasis sistem operasi Linux, Tizen atau Chrome. 

Microsoft sendiri makin diperhitungkan berkat kehadiran sistem operasi Windows 8. Tidak seperti Windows 7, Windows 8 memang dirancang khusus untuk beroperasi dengan mulus di tablet maupun komputer PC. 

Seperti dikutip detikINET dari eWeek, Rabu (2/11/2011), beberapa vendor komputer terkemuka pun telah menyatakan kesiapannya membuat komputer tablet berbasis Windows 8. Di antaranya Dell, Acer dan Asus.

Arsip Blog