Sebelum Disembelih, Sapi Bersorban Putih Tawaf Keliling Masjid

http://images.detik.com/content/2011/11/06/475/SAPI-SORBAN--D.jpg


Etnis Madura dikenal memiliki tradisi unik dan khas. Seperti yang dilakukan warga Kampung Pangkepek Desa Murtajih Kecamatan Pademawu. Sebelum menyembelih hewan korban, warga membawa sapi tawaf berkeliling masjid dan diberi sorban putih.

Saat berkeliling Masjid Nurul Huda di Kampung Pangkepek, puluhan orang warga menuntun sapi bersorban sembari membaca takbir. Tak hanya satu putaran, namun 7 kali putaran.

Haji Abdul Hannan, tokoh masyarakat setempat, mengatakan, membawa sapi bersorban berkeliling masjid itu seperti jamaah haji yang melakukan tawaf 7 kali mengelilingi Ka'bah.

"Sorban putih berbahan kain kafan dililitkan di kedua tanduk itu kami maknai seperti baju ihram yang dikenakan jamaah haji yang melakukan tawaf," jelas Abdul Hannan yang juga Ketua Takmir Masjid.

Intinya, sapi korban di Kampung Pangkepek ini dipersonifikasikan sebagai jamaah haji berbaju ihram yang melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah.

"Tradisi ini sudah lama dikenal warga Kampung Pangkepek," aku Abdul Hannan.

Usai berkeliling masjid sebanyak 7 kali, sapi-sapi bersorban itu langsung digiring ke arah 3 orang jagal yang menunggu di tengah lapangan Pangkepek. Puluhan warga langsung mengerubungi sapi untuk membantu sang jagal sapi.

Warga Kampung Pangkepek lalu membantu memilih dan memilah daging dan
tulang untuk ditimbang. Setiap kantong plastik diisi 2,5 kg daging korban.

"Alhamdulillah, dari 3 ekor sapi bisa terkumpul 500 bungkus daging korban," pungkas Abdul Hannan.

(fat/fat)




sumber :http://surabaya.detik.com/read/2011/11/06/124317/1761263/475/sebelum-disembelih-sapi-bersorban-putih-tawaf-keliling-masjid?y991101465

Arsip Blog