[PARAAHHH...!!!] Darah dari PMI mengandung virus HIV...( orang PMI masuk...)




http://static.republika.co.id/uploads/images/headline/persediaan_darah_pmi_100525172040.jpg

Minggu lalu 4 maret ane nganter anak ane untuk transfusi darah disalah satu rumah sakit ibu dan anak didaerah jatinegara gan, anak ane harus rutin transfusi darah setiap 1.5 bulan sekali karena sejak desember 2010 lalu divonis menderita penyakit Thalasemia.




Spoiler for Buka for Thalasemia:
Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang ditandai dengan kondisi sel
darah merah mudah rusak atau umurnya lebih pendek dari sel darah normal
(120 hari). Akibatnya penderita thalasemia akan mengalami gejala anemia
diantaranya pusing, muka pucat, badan sering lemas, sukar tidur, nafsu
makan hilang, dan infeksi berulang.
Thalasemia terjadi akibat ketidakmampuan sumsum tulang membentuk
protein yang dibutuhkan untuk
memproduksi hemoglobin sebagaimana
mestinya. Hemoglobin merupakan protein
kaya zat besi yang berada di dalam sel
darah merah dan berfungsi sangat penting
untuk mengangkut oksigen dari paru-paru
ke seluruh bagian tubuh yang
membutuhkannya sebagai energi. Apabila produksi hemoglobin berkurang
atau tidak ada, maka pasokan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan
fungsi tubuh tidak dapat terpenuhi, sehingga fungsi tubuh pun terganggu dan
tidak mampu lagi menjalankan aktivitasnya secara normal.Thalasemia adalah
sekelompok penyakit keturunan yang merupakan akibat dari
ketidakseimbangan pembuatan salah satu dari keempat rantai asam amino
yang membentuk hemoglobin.
Thalasemia adalah penyakit yang sifatnya diturunkan. Penyakit ini,
merupakan penyakit kelainan pembentukan sel darah merah.
2
NUCLEUS PRECISE NEWS LETTER # 64 15 Oktober 2010
B. PENYEBAB
Ketidakseimbangan dalam rantai protein
globin alfa dan beta, yang diperlukan
dalam pembentukan hemoglobin,
disebabkan oleh sebuah gen cacat yang
diturunkan. Untuk menderita penyakit
ini, seseorang harus memiliki 2 gen dari
kedua orang tuanya. Jika hanya 1 gen
yang diturunkan, maka orang tersebut
hanya menjadi pembawa tetapi tidak
menunjukkan gejala-gejala dari penyakit
ini.


Nah seperti biasa dokter ane emang selalu menganjurkan agar darah dari PMI harus discreening ulang di rumah sakit, karena screening yang dilakukan oleh PMI tidak sesuai dengan standard. Awalnya ane nolak gan karena setahu ane di PMI harusnya setiap darah donor sudah dilakukan screening terhadap penyakit2 berbahaya..tapi karena dianjurkan dokter akhirnya ane ikutin tuh saran dokter.

dan betapa terkejutnya ane ketika darar donor dari PMI tiba dan dilakukan
screening oleh rumah sakit ternyata hasilnya itu darah mengandung HIV Positif!!!!....gilaa bener ane shock banget gan..untuk belum sempet dipake sama anak ane...akhirnya minta darah baru lagi ke PMI dan discreening ulang lagi.

Ane cuman shock aja gan...masa iya sih darah dari PMI masih mengandung virus yang begituan..?screening model bagaimana yang dilakukan sama PMI...??


Ane bisa ngebayangin kalo orang tidak mampu membutuhkan darah donor dan langsung pake darah dari PMI tanpa discreening ulang dari rumah sakit..( soalnya biaya untuk screening ulang cukup mahal gan...sampe 800rb / kantong darah)...hhhffftttt...


Mudah2an orang2 PMI bisa segera memperbaiki system screening darahnya..dan ane saran buat agan2 jika akan menggunakan darah donor dari PMI harap DISCREENING ULANG untuk mencegah hal2 yang tidak diinginkan bersama...


sorry kepanjangan gan..



Ini Comment dari HUMAS PMI.....dan tanggapan ane







sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7368701

Arsip Blog