Jawaban Standart Khas Mbak-Mbak Mangga Dua

Mangga Dua memang merupakan sebuah tempat yang istimewa bagi Jakarta. Selain merupakan daerah pusat belanja yang kayaknya menjual apapun, Mangga Dua kayaknya juga merupakan trendsetter gaya jualan. Sebelumnya, MBDC udah pernah membahas cara menjadi penjual yang baik di Mangga Dua. Nah, kali ini MBDC akan membahas secara spesifik mengenai jawaban-jawaban standart khas mbak-mbak Mangga Dua. Ini penting untuk kamu kuasai apabila kamu menginginkan karir sebagai mbak-mbak penjaga toko di Mangga Dua. Mari kita mulai!

“Ini Barang dari [Nama Negara] Kak…”

Digunakan Oleh Toko: Baju

Digunakan Ketika: Menghadapi pembeli yang nawar.

Maksud Kata-kata Tersebut: Ini barang import, jadi panteslah kalo harganya mahal. Mungkin di negara asalnya harganya murah, tapi kan sekarang barangnya udah dibawa ke sini? Emang biaya pesawat gak mahal? Mahal lho. Coba aja kamu yang berangkat sendiri ke sana. Jadi mahal banget kan? Udahlah gak usah banyak nawar. Beli aja.

“Untungnya Cuma 10,000 Kak!”

Digunakan Oleh Toko: Komputer, baju

Digunakan Ketika: Menghadapi pembeli yang nawar.

Maksud Kata-kata Tersebut: Ya untung gue mungkin gak 10ribu juga sih. Kali dah gue mau untung 10ribu. Mending gue buka warteg. Tapi yang jelas untung gue udah kecil banget nih kalo lo tawar segitu. Kasian dong sama gue. Kalo gue bilang untung gue cuma 10ribu lo pasti kasian kan? Kasian dong.

“Oh, Lagi Kosong Kak. Ini Ajah [Sebut Nama Barang Lain]“

Digunakan Oleh Toko: Apa aja lah, mulai dari komputer, game, HP, sampe baju.

Digunakan Ketika: Ada yang nanya sebuah barang tapi kamu gak punya.

Maksud Kata-kata Tersebut: Hmmm, gue kayaknya belom pernah denger sih barang yang lo tanyain itu. Tapi gue tetep pengen lo belanja di sini! Udahlah ngapain sih lo cari barang itu? Yang ini ajalah!

“Gak Dimahalin Kak”

Digunakan Oleh Toko: Apa aja.

Digunakan Ketika: Ada yang nawar.

Maksud Kata-kata Tersebut: Ya emang gak dimahalin sih. Tapi diuntungin mah iya. Hihihihi.

“Mau Ambil Berapa?”

Digunakan Oleh Toko: Biasanya sih komputer.

Digunakan Ketika: Ada yang nawar dan kamu kasih.

Maksud Kata-kata Tersebut: Ya udah ambil lah. Tapi moso langsung gue kasih. Gengsi dong ah. Paling gak sok-sok gue tanyain dulu lah lo mau ambil berapa. Biar lo agak kicep dikit gitu. Kali-kali lo jadi mau ambil banyakan. Padahal lo ambil satu juga gue kasih sih.

“Soalnya Ini [Sebut Merk] Kak!”

Digunakan Oleh Toko: Komputer, elektronik, baju

Digunakan Ketika: Ada yang nawar tapi kamu gak mau ngasih.

Maksud Kata-kata Tersebut: Gue cuma mau mastiin aja kalo merk ini terkenal sih. Karena merknya terkenal jadi harganya harus mahal dong. Apa? Ini palsu? Ya tetep aja merknya terkenal. Biar palsu situ tetep pengen pake kan?

Begitulah kurang lebih. Ada yang mau ditambahin? Silakan ditambahkan di comments. Duh, jadi pengen ke Mangga Dua nih.

Arsip Blog