Belajar Mengenal Blog Dofollow

Masih melanjutkan artikel bersambung yang sebelumnya mengenai Belajar Mengenal Blog Nofollow, nah untuk hari ini tentang Belajar Mengenal Blog Dofollow. Blog Dofollow merupakan kebalikan dari Blog Nofollow, tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Teman-teman masih ingat dengan Blog Nofollow yang kemarin sudah saya tulis? Yups, secara default blog dengan platform blogspot itu adalah nofollow, dengan atribut HTML rel=”nofollow” atau rel=”external nofollow.

Jika blog dofollow tidak memiliki atribut seperti itu, kita hanya perlu menghapus atribut rel=”nofollow” pada komentarnya dan rel=”nofollow” pada trackback/backlinknya maka blog kita pun akan menjadi dofollow.


1. Pengertian Blog Dofollow


Dofollow adalah penghapusan suatu atribut HTML rel=”nofollow” atau rel=”external nofollow" dalam sebuah blog yang sebelumnya adalah nofollow, apabila atribut tersebut dihapus maka akan memerintahkan search engine agar melihat sebuah link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya dan akan menelusuri link tersebut, sehingga itulah yang kita sebut sebagai backlink.


Artinya, ketika teman-teman semua memberikan komentar dan bertukar link dengan blog yang berstatus Dofollow, maka link Url blog teman-teman yang ditanamkan di sana akan ditelusuri oleh search engine, menarik bukan?


2. Kelebihan Blog Dofollow


Sama halnya dengan blog Nofollow yang memiliki kelebihan dan kekurangan, maka blog Dofollow pun sama dan berikut ini kelebihannya:

a. Blog akan ramai komentar karena sebagian besar pengunjung mengejar backlink untuk menaikkan PR blognya,

b. Traffic menuju blog akan naik drastis dan ini akan mempengaruhi Alexa ranking,

c. Si empunya blog akan dianggap sebagai orang yang berjiwa sosial karena dengan sangat baik hatinya memberikan backlink GRATIS,


3. Kekurangan Blog Dofollow


a. Saking ramenya komentar yang masuk maka akan sangat rawan dengan penanaman link yang rusak,

b. Akan banyak terjadi spamming dari para spammer karena memanfaatkan blog dofollow untuk mendapatkan backlink cuma-cuma,

c. Terjadinya penggemukan link atau saya sebut sebagai "Link Farm" - "Peternakan Link" dan akan berdampak pada dicurigainya blog kita oleh seacrh engine karena banyaknya link yang keluar untuk ditelusuri,


Note:

Saya secara pribadi tidak akan memasukkan "akan menurunnya pagerank blog" di dalam kekurangan blog dofollow, karena masih banyak dan bejibun blog yang menganut dofollow pageranknya tinggi, pintar-pintar si empunya blog saja untuk mengaturnya dengan kecerdasan dan trik yang dia miliki.


4. Kesimpulan

Karena sebelumnya teman-teman sudah mengerti apa itu blog nofollow beserta kelebihan dan kekurangannya maka keputusan untuk menganut blog seperti apa itu akan menjadi keputusan teman-teman sendiri, semua itu adalah pilihan, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang buruk.

Saya tambahkan sedikit, jikapun teman-teman ingin berkomentar pada suatu blog ya tinggal berkomentar saja apalagi artikel atau konten blog tersebut memang pantas untuk dikomentari, tidak perlu memandang blog itu nofollow atau dofollow, begitu aja kok repot, hehehe.


Ok, semoga informasi ini bisa berguna untuk teman-teman semua yang memang membutuhkannya, selamat membaca dan jika ada kekurangan dalam penulisan artikel ini mohon dimaafkan dan silahkan dikomentari. Terimakasih.

Arsip Blog