Tanda Tanya Besar Untuk Kinerja Pemerintah Dalam Hal Pendidikan




Selamat Pagi Sahabat DJ Site Semua,

Sebenernya seharusnya saya belum bangun dan posting hhe... dan bisa dibilang ini terpaksa bangun karena ada suatu kejadian memalukan haha.... Wes 'ra sah di bahas......

Okeh, sebelum saya mulai tulisan ga jelas saya hari ini, kita bersulang dulu kaya biasa.......

Cheerrsss.... (Glek...glek...glek...)

Hari ini, saya lagi tertarik Ng'bahas tentang Pendidikan. Soalnya dari bangun tidur tadi, yang saya baca berita tentang Pendidikan semua... biarpun Ratingnya ga dihalaman pertama kaya Kasus Ariel hhe....



Berita pertama yang saya baca, tentang seorang anak di Pasar Minggu yang bunuh diri karena ga diizinkan sekolah oleh Ibunya. Agak miris sebenernya mesti denger berita kaya begini. Anak Berusia 10 tahun yang bunuh diri tersebut bernama Basyir. Basyir Nekad Bunuh Diri menggunakan seutas tali plastik setelah tidak diizinkan kembali bersekolah oleh Ibunya.

Saya sendiri ga nyalahin Ibunya, karena menurut saya ga ada satu pun orang tua bahkan sejahat apapun itu yang ga mau ngeliat anaknya bahagia dan sukses. Saya yakin semua orang tua pengen anaknya bisa Sekolah, Sukses dan punya kehidupan yang layak, cuma klo kenyataanya ga bisa? ga mungkin juga kan dipaksain...

Ibunda Basyir, Cut Sri Sariah Langsung Histeris melihat anaknya tergantung di sebuh warung dan sudah tidak bernyawa lagi. Saat ditanya oleh para wartawan, Cut Sri Sariah mengaku, tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah Basyir, karena selain harus membeli seragam dan buku, Cut Sri Sariah mengaku untuk makan sehari-hari saja tidak mencukupi(Ibaratnya Makannya Cuma senin-kamis).

Yang Jadi pertanyaan saya tadi pagi, Dimana Bapaknya? Dan ternyata Bapaknya dikampung huh.... koQ tega gitu bukannya Bapaknya yang Pergi Kerja Di Jakarta, malah Anak Isterinya yang nyari Nafkah sendiri dan dia enak-enakan nungguin sawah. Entah, pemikiran si Bapak gimana, saya sendiri ga ngerti hhe...

Dan yang paling bikin saya sedih, ternyata Ibunda Basyir ini takut menyekolahkan Anaknya karena menurutnya sekolahan itu tempat segala pungutan ......... Padahal setau saya, SD sekarang udah Gratis soalnya ponakan saya Gratis semua yang masih SD dan ternyata setelah di konfirmasi ke Pihak Sekolahnya bener, mereka pun menyesalkan tindakan orang tua basyir karena selama sekolah, Pihak Yayasan Pendidikan Islam Ad Dakhlan tidak pernah sepeser pun membebankan biaya kepada keluarga Basyir.

Bahkan, saking pengennya sekolah, si Basyir ini sampe ngamen dan jadi Ojek payung klo hujan. Sayangnya, bocah yang seharusnya sekarang menduduki kelas 6 SD ini harus terbujur kaku ga bernyawa.

Dalam hal ini, saya kira yang salah bukan Orang Tua, sekolah apalagi tindakan Basyir. Saya lebih ng'liat ini sebagai kesalahan Pemerintah yang ga respect sama pendidikan. Terlalu banyak wacana tapi ga pernah ada penerapan nyata.



Belum selesai saya baca berita tentang Basyir, ada lagi Bocah kelas 2 SD yang diusir Gurunya dari kelas karena belum beli LKS(Lembar Kerja Siswa klo ga salah/ semacam buku panduan). Kamis lalu, Rahma Nabila yang berumur 7 tahun ini diusir sang guru karena belum memiliki LKS. Saat Proses Belajar Mengajar di SDN Kampung Bulak 4, Pamulang, Tangerang Selatan(Gw tulis lengkap tuh biar diusut) sedang berlangsung, si Guru menyuruh Rahma Pulang karena tidak memiliki LKS, Rahma yang masih kecil ini pun langsung lari pulang dan mengadu kepada Ibunya.

Mendengar hal tersebut, Sukirman ayah dari Rahma pun agak menyesalkan dan kecewa atas perlakuan Gurunya tersebut. Menurut pria yang berprofesi sebagai sopir ini, pihak sekolah mewajibkan setiap siswa untuk membeli 11 buah LKS dengan total harga Rp 110 ribu, karena belum memiliki uang, terpaksa bapak 7 anak ini menunda membeli LKS. Dia mengaku sedih melihat sikap guru pengajar yang tega mengusir anak didiknya hanya karena tidak punya LKS. Dia juga berharap agar pihak sekolah dapat memberi sedikit keringanan kepada orang tua murid yang berpenghasilan pas-pasan.

Huft............Andai Pemerintah lebih respect, berita-berita itu seharusnya ga pernah ada di halaman surat kabar atau page-page portal Berita Online.

Seperti Gambar pertama kali diatas, saya cuma mau bikin (tanda tanya) ? besar untuk kinerja pemerintah dalah hal Pendidikan

Untuk Sahabat DJ Site Semua, Happy Sunday 'N happy Blogging..........



Arsip Blog