Antara belajar, berbagi dan bisnis

Suatu kali rekan kerja saya menayakan perihal mengapa saya membuat blog, katanya "apa tema dari blogmu itu dan apa tujuan kamu bikin blog itu?". Aku menjawab, "Aku ingin blogku ini menjadi berkat bagi orang lain, karena itu aku buat dengan tema rohani". Dan kebetulan aku memang mempunyai banyak artikel tentang rohani yang tinggal aku salin saja ke blog.

Kemudian aku balik bertanya kepadanya, "trus, kamu sendiri ngapain buat blog?". Dia menjawab, "aku bikin buat bisnis, lumayan bisa dapet duit, mumpung internet gratis... hehehe". Saat itu aku tidak pernah terpikir untuk berbisnis di internet, karena aku pikir semua itu palsu atau rekayasa belaka untuk menarik minat para pengunjung.Dan waktu itu juga aku hanya ingin berbagi berkat dengan para blogger lewat artikel dan tulisanku. Memang benar apa yang aku harapkan lewat blog tercapai, saat aku memasang widget yahoo messenger pada blog, ada beberapa blogger yang mangajak aku chat dan ngobrol tentang banyak hal. Dan aku senang sekali, aku merasa menjadi lebih bersemangat untuk mempercantik blog dan ingin segera menulis artikel yang baru. Akhirnya bisa berbagi berkat dengan mereka, belajar banyak hal dan aku sungguh dikuatkan dengan hal itu.

Tapi lama-kelamaan, seiring waktu yang terus berlalu, aku mulai kehabisan ide dan bosan. Aku menjadi malas untuk update. Rasa bosan menguasaiku. Dan saat aku melihat rekan kerjaku, aku merasa heran, dalam hati aku bertanya, "kok bisa ya, tiap hari terus menulis tanpa rasa bosan, mengutak-atik blog gak jemu-jemu?". Pertanyaan itu selalu menghantuiku, tapi aku enggan menanyakannya langsung kepada mereka.

Akhirnya aku memberanikan diri untuk bertanya, dan salah satu alasan mereka tetap eksis dengan blognya adalah dollar!!. Sebelumnya aku tidak pervcaya dengan hal itu, tapi kemudian mereka membuktikan bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka tabur, yaitu dollar (tentunya sudah dalam bentuk rupiah di rekening mereka). Aku tercengang. Lagi-lagi aku bertanya dalam hati, "kok bisa ya?".

Dan hal tersebut membuka mataku, bahwa memang berbisnis di internet itu ada. Dan uangnya juga kenyataan (tapi tetap berhati-hati). Pikiranku mulai bercabang. Bagaimana aku bisa seperti mereka?. Aku mulai putar otak. Sampai akhirnya aku mendapat ide tentang bagaimana aku bisa belajar, berbagi dan berbisnis.

Aku mencoba mendaftarkan blogku ke situs-situs seperti blog review dll. Hanya bertujuan sembari aku berrbagi berkat, tentunya aku juga mendapatkan berkat yang berupa dollar. Aku mencoba kerjasama dengan temanku soal bisinis tersebut dan pastilah hasilnya dibagi dua. Dia setuju dan kita mencapai kata sepakat. Selang sebulan aku mendapat berita dari dia bahwa aku mendapat Rp 90.000,-. Lumayan untuk pemula. Tapi hal itu sudah sangat memuktikan bahwa bisnis di internet itu nyata meski melalui dunia maya.

Aku tidak mengesampingkan tujuan awalku membuat blog, tapi aku hanya melebarkan sayapku. Sambil menyelam minum air. Aku bisa belajar banyak dari internet mengenai banyak hal yang positif, aku bisa berbagi berkat melalui blog dan tentunya aku bisa meraup keuntungan dari bisinis di dalamnya. Tidak ada salahnya kita mencoba, asalkan semuanya itu mendatangkan hal yang positif bagi kita dan orang lain.


Arsip Blog