Onpage Optimasi, Prinsip SEO Dasar Google [1]

Setelah sebelumnya kita tahu apa SEO itu, maka dikesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi kepada teman-teman semua untuk mengenal salah satu Prinsip SEO Dasar Google, yaitu Onpage Optimasi.

Pertanyaannya, apakah SEO Onpage Optimasi itu? Seberapa pentingkah SEO Onpage Optimasi dalam sebuah blog atau web?


1. SEO Onpage Optimasi


Jika kita menelusuri sebuah blog atau web, maka kita sering menjumpai beberapa link artikelnya yang satu sama lain terkait, bisa juga teman-teman melihat beberapa artikel saya dimana saya mencantumkan link antara artikel saya yang satu dengan yang lainnya. Cara seperti ini adalah salah satu contoh dari yang namanya SEO Onpage Optimasi.

Ok, kita anggap saja cara ini sebagai usaha kerja keras kita dalam mengoptimalkan isi konten blog atau web kita agar terindeks oleh Google dan mendapat tempat di posisi terdepan dan bagus di search engine. Selain itu juga bisa dilakukan dengan cara Promosi blog yang baik kepada search engine.

SEO Onpage Optimasi ini sendiri lebih dikhususkan pada di dalam halaman blog teman-teman agar memiliki pengaruh lalu adanya
sebuah penekanan pada tema yang dibuat secara TEPAT dan FOKUS dan adanya keterkaitan keyword dalam sebuah postingan dan juga saling berhubungannya antara artikel yang satu dengan yang lainnya.

Akibatnya apa? Akibatnya akan terjadi peningkatan traffic dari para pengunjung yang berasal dari search engine. Menarik bukan teman-teman?

2. Pentingnya SEO Onpage Optimasi


Seperti namanya yaitu Optimasi, berarti ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan disini, seperti:
- perhatikan selalu penempatan keyword ketika akan melakukan postingan,

- perhatikan isi/konten,
- blog title,
- meta tags,

- memperhatikan internal link blog,
- membangun link yang baik dengan blogger yang lain,
- memasang widget new recent post (update post terbaru) serta memasang widget related posts (artikel terkait lainnya) dan lain sebagainya.

Cukup mudah kan teman-teman?

Jika kita berbicara pentingnya SEO Onpage Optimasi ini ya mungkin teman-teman sendiri sudah bisa mengerti dan paham seberapa pentingnya setelah penjelasan saya di atas tadi, tetapi untuk saya pribadi pengenalan terhadap SEO Onpage ini berpengaruh terhadap blog saya pribadi.

Saya akan contohkan sedikit (bukan berarti saya sombong lho, hanya ingin share informasi baik ini kepada semua teman-teman blogger):

Blog ini saya pikir sangat baru sekali saya buat, paling baru jalan 2 minggu (percaya tidak percaya), karena blog saya yang lama sudah terjadi banyak sekali spamming :(.

Apabila teman-teman sekarang sedang membuka salah satu search engine di Google, maka ketikkanlah keyword terhadap salah satu artikel saya mengenai 'Tips Membuat Agar Kinerja Blackberry Lebih Cepat' dengan keyword 'Tips Agar Kinerja Blackberry Lebih Cepat' atau 'Tips Kinerja Blackberry Lebih Cepat', maka teman-teman bisa mendapatkan artikel saya tersebut ada di halaman pertama peringkat 1 (lewat promosi blog) dan 2.

Lihat pict 1



Lalu artikel saya yang baru saja saya buat kemarin mengenai 'Cara Membuat Kolom Scroll Down Untuk Banner/Foto/Widget di Blogspot' bisa teman-teman cek dengan keyword 'cara membuat kolom scroll down' saat ini berada di halaman pertama peringkat 1. Menakjubkan sekali bukan teman-teman?

Lihat pict 2


Selain saya melakukan promosi blog secara baik (info promosi blog secara baik ini akan saya buat dilain waktu), langkah-langkah yang telah saya sebutkan di atas tadi saya terapkan sangat baik pada blog saya ini terutama sekali pada penempatan keyword yang tepat.

3. Kesimpulan


Jadi prinsip SEO dasar Goole khususnya Onpage Optimasi ini sangat berpengaruh di mata Google terhadap isi atau konten dari blog kita, terutama sekali bagi teman-teman blogger yang mencari Page Rank (mungkin saya salah satunya) hal ini harus diperhatikan.


Penempatan keyword secara TEPAT dan FOKUS ketika akan melakukan postingan, isi/konten, meta tags, memperhatikan internal link blog, membangun link yang baik dengan blogger yang lain serta memasang widget new recent post (update post terbaru) serta memasang widget related posts (artikel terkait lainnya) bisa teman-teman semua praktekkan seperti penjelasan di atas.


Selain kita telah mengenal SEO Onpage optimasi, tidak kalah pentingnya lagi kita harus mengenal SEO Offpage Optimasi.


Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi teman-teman blogger semua dan sekaligus menjadi motivasi untuk membuat blognya lebih berkualitas di mata search engine dan pengunjung.

Arsip Blog