Offpage Optimasi, Prinsip SEO Dasar Google [2]

Setelah sebelumnya kita telah bisa memahami mengenai salah satu prinsip SEO dasar Google yaitu Onpage Optimasi untuk Blog, maka informasi bersambung kali ini adalah tentang Offpage Optimasi. Berhubung kita semua sedang sama-sama belajar maka pengetahuan tentang SEO Offpage Optimasi ini saya postingkan.

Pertanyaan yang sama, apa itu Offpage Optimasi? Seberapa penting dan berpengaruhnya Offpage Optimasi ini untuk sebuah blog atau web?


1. SEO Offpage Optimasi


SEO Offpage Optimasi merupakan sebuah upaya dan kerja keras kita sebagai owner blog/web yang dilakukan dari luar halaman blog dengan tujuan agar mempunyai pengaruh yang tepat pada halaman blog teman-teman, akibatnya blog kita mendapat posisi yang terhormat di halaman depan search engine. Sama seperti jantung yang ada di tubuh kita, vital sekali posisinya, nah begitu juga dengan SEO Offpage Optimasi, keberadaannya sangat vital untuk blog kita.


2. Pentingnya SEO Offpage Optimasi


Kita bisa melihat sendiri seberapa pentingnya SEO Onpage di artikel sebelumnya untuk sebuah blog/web, nah keberadaan SEO Offpage ini juga sama dan bisa dikatakan lebih penting dan vital. Kenapa bisa begitu?


Selain bisa mendongkrak popularitas blog/web, SEO Offpage Optimasi ini juga memiliki fokus tersendiri terhadap kinerja blog dengan memperkuat konstruksi backlink yang menuju blog yang kita miliki. Perhitungannya lebih pada kualitas backlink lalu dari kesesuaian tema dengan blog yang kita punya serta tinggi rendahnya Pagerank (PR) blog yang memberikan backlink kepada kita.


Langkah-langkah yang bisa kita lakukan pada SEO Offpage Optimasi:

- Blogwalking dan meninggalkan komentar,

- Bertukar link dengan sesama sahabat blogger,

- Meninggalkan komentar pada blog yang memiliki PR tinggi (tentunya bukan sembarang komentar),

- Meninggalkan komentar pada blog yang bersattus Dofollow (tentunya bukan sembarang komentar),

- Promosi blog dengan cara men-submit blog ke blog directory atau men-submit artikel ke lintas berita/kombes.com dan jejaring sosial.


Beberapa langkah lainnya mungkin bisa teman-teman cari sendiri.


Kajian penting lainnya mengenai SEO Offpage adalah:


- Selalu memperhatikan jenis backlink yang berkualitas,

- Jumlah backlink yang kita dapat,

- Menggunakan Anchor Text yang fokus dan sesuai dengan keyword blog teman-teman.


Semoga saja informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman blogger semua, tulisan ini juga untuk melengkapi artikel saya yang sebelumnya mengenai SEO Onpage Optimasi.

Arsip Blog