3 Cara Promosi Blog Yang Efisien dan Praktis Untuk SEO

Tentunya kita semua mau semua artikel yang sudah kita buat bisa dibaca oleh semua orang, apalagi artikel tersebut memang layak untuk dibaca. Benar tidak?

Terutama sekali untuk sebuah blog yang baru saja akan membangun jaringan ke luar (offpage optimasi) dan bagi blogger yang memiliki hasrat untuk mendapatkan PR untuk blognya.
Cara ini juga termasuk ke dalam Tips SEO untuk sebuah blog/web.

Begini teman-teman, saya akan mengibaratkan blog kita ini layaknya sebuah distro yang baru saja dibangun. Di dalam distro tentu ada banyak sekali jenis baju/celana dan aksesoris yang bisa kita lihat di sana.

Nah, apakah bisa teman-teman tebak apabila distro ini setelah dibangun tetapi tidak ada lauching, promosi, kualitas baju kurang bagus dan tempatnya tidak strategis? Tentu teman-teman semua bisa menebaknya.


Blog juga sama, anggap saja isi dari blog kita sekarang adalah baju-baju yang sedang mau kita jual, mau kita apakan baju-baju ini? Tentunya promosi donk (bisa ke pasar, buat pamflet, acara launching, dan lain sebagainya), benar kan?

Tapi di sini antara Distro dan Blog hanya cara promosinya lah yang berbeda. Blog akan memerlukan sedikit waktu yang lebih fokus dalam penggarapannya, ini berlaku jika owner blog berhasrat untuk mengejar PR dan bagi semua blogger baru (termasuk saya sendiri yang menjadi contohnya).

Ok, berikut ini ada 3 Cara Promosi yang Efisien dan Praktis bisa teman-teman semua lakukan:


1. Blogwalking,

Kenapa blogwalking penting? Terkadang bagi sebagian blogger, blogwalking itu melelahkan dan buang waktu apalagi pas kebetulan jaringannya sedang down. Tapi blogwalking inilah yang menjadi salah satu pendongkrak blog kita agar blog kita yang baru ini bisa dikenali oleh teman-teman blogger lainnya. Kita bisa tukaran link, bisa saling follow dan lain sebagainya.


Blogwalking juga bisa mendongkrak traffic pengunjung ke blog kita, misalkan saja dalam sehari kita bisa blogwalking ke 20-50 blog dan dari kunjungan balik itu kita bisa dapat traffic min separuhnya 30 blog saja, itu terus menerus kita lakukan. Lumayankan setiap harinya kita dapat traffic seperti itu yang penting stabil. Apalagi kualitas dari blog kita memang ok, bisa bayangin traffic yang masuk, benar ga tuh teman-teman?

Jadi, lakukanlah blogwalking sebisa dan semampunya, gunakanlah bahasa yang baik (NO SARA) dalam menjalin persahabatan dengan blogger yang lain.


2. Submit Blog ke Blog Directory,

Untuk cara yang satu ini, setelah kita signup ke beberapa Blog Directory maka kita akan mendapat backlink dari Blog Directory yang sudah kita daftarkan. Untuk alamat blog directorinya bisa saya contohkan sedikit di sini, untuk selebihnya bisa teman-teman cari sendiri.


- Blograma (the blog directory),
- Blog Catalog,
- Blogtoplist,

- Blog Flux,

- Top Blog Area,

- Blogtopsites.


3. Submit Artikel ke Situs Directori,

Nah yang ketiga ini yang paling penting, submitlah artikel teman-teman yang kira-kira layak untuk di submit (yang jelas NO PORN) ke salah satu Situs Directory khususnya di Indonesia yaitu lintasberita.com dan kombes.com (kalau teman-teman sudah daftar add saya ya di sana).

Kenapa 2 situs ini yang saya pilih, tentu saja karena trafficnya yang tinggi sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan dari sini, apalagi jika artikel yang kita submit itu memiliki daya tarik untuk para pembaca. Bisa teman-teman bayangkan setelah kita submit salah satu artikel kita ternyata yang tertarik di atas 100 orang mungkin bisa sampai 1000 dalam sehari, bukan tidak mungkin, tapi bisa terjadi.


Khusus untuk lintasberita.com, situs directory ini sangat ramai dikunjungi yang bisa kita lihat dengan alexa rank di bawah 5.000 dan dengan google pagerank 4. Selain itu juga lintasberita.com bisa menjadi sumber backlink yang berkualitas (quality backlink), karena situs ini menganut sistem dofollow. Sedangkan untuk kombes.com layaknya sebuah jejaring sosial facebook, kita bisa mensubmit link artikel kita di sana.

Tapi untuk cara signup nya tidak saya jelaskan di sini, karena bisa panjang banget, anggap saja teman-teman sedang membuat facebook baru, hehehe.

Sebagai contoh dan alhasil sungguh memuaskan, setelah saya mensubmit salah satu artikel saya "Cara Membuat Daftar Isi Scroll Down Sesuai Lable Dengan Tambahan Icon New Post di Blogspot" dengan keyword: cara membuat kolom scroll down, artikel saya bisa nongkrong di halaman pertama Google.


Lihat pict



Yang kotak warna merah adalah link blog saya sendiri, yang warna hijau adalah link dari kombes.com sedangkan yang warna biru adalah result dari submit artikel ke lintasberita.com dengan total result sebanyak 23.600.


Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua, jika ada kekurangan teman-teman semua bisa memberikan komentar terbaiknya. Terimakasih.

Arsip Blog